Sejarah

Sejarah SMP Negeri 1 Binangun Kroya

Sekolah Menengah Pertama (SMP) Negeri 1dibawah naungan Dinas Pendidikan Pemuda dan Olahraga (Disdikpora) Kabupaten Cilacap. Sekolah ini adalah salah satu sekolah Menengah Pertama (SMP) Negeri di wilayah Kecamatan Binangun. SMP negeri 1 Binangun yang terletak di desa Widarapayung Wetan daerah pesisir yang letaknya tidak jauh dari pantai Widarapayung Wetan. Pada tahun 1983 melalui surat keputusan kepala kantor wilayah Propinsi Jawa Tengah Nomor :1077/103.01/1.83 tanggal 21 mei 1983. Sebelum gedung kelas di bangun siswa dalam kegiatan belajar mengajar bertempat di gedung SD Negeri Widarapayung Wetan 2 yang kebetulan berhadapan dengan SMP Negeri 1 Binangun, selama kira-kira 6 bulan. Asal mula tanahnya yang di bangun adalah tanah desa dan tanah rakyat yang semuanya seluas 20.233 m.

Pada awalnya lahan yang disepakati sekolah adalah tanah kering yang ditanami palawija dan tanahnya tidak rata, sehingga memakan waktu yang cukup lama untuk meratakan tanah yaitu dengan cara menutup labang dengan pasir urug (pasir pantai) sehingga sekarang sudah rata.

Kepala Sekolah yang pertama adalah Bapak Sudarno, BA dan setelah itu adalah Bapak Harun Rasjid dengan masa periode 1984 – 1988, yang pada waktu itu daerahnya masih sepi, sebagian gurudan karyawannya adalah guru-guru dari SMP Negeri 1 Nusawungu antara lain : Bapak Drs. Suhardi, Bapak Drs. Samino, Bapak Drs. Sarijo dan lain-lainnya, dan mereka inilah sebagai saksi sejarah perkembangan SMP Negeri 1 Binangun.

Setelah kepemimpinan Bapak Drs. Harun Rasjid SMP Negeri 1 Binangun dipimpin oleh Bapak Drs. Sangidan dari Sampang, yakni antara tahun 1988 – 1992. Pada waktu masa kepemimpinan beliau jumlah kelas di SMP 1 Binangun bertambah bertambah dari 9 kelas menjadi 12 kelas. Usai kepemimpinan Bapak Drs. Sangidan, SMP Negeri 1 Binangun dipimpin oleh Bapak Dahlan dari Majenang. Karena perjalanan cukup jauh, Bapak Dahlan kost di Binangun. Beliau bertugas di Binangun sampai tahun 1994, pada waktu itu nama Sekolah setempat berubah menjadi SLTP Negeri 1 Binangun.

Sementara itu dari tahun 1994 sampai dengan tahun 2010 terjadi beberapa pergantian Kepala Sekolah antara lain:

  1. Tahun 1994 – 2001 Kepala Sekolah dijabat oleh Bapak Slamet Riyadi
  2. Tahun 2001 – 2003 Kepala Sekolah dijabat oleh Bapak Siyam Suroso
  3. Tahun 2003 – 2004 Kepala Sekolah dijabat oleh Bapak Wiyono. BA
  4. Tahun 2004 – 2010 Kepala Sekolah dijabat oleh Bapak Drs kuswanto, MM
  5. Tahun 2010 – sekarang Kepala Sekolah dijabat oleh Bapak Drs . Muktyo Yuwono

Pada usia yang mencapai 28 tahun SMP  N 1 Binangun berkembang menjadi sekolah yang cukup terpandang di wilayah Kecamatan Binangun. Banyak prestasi yang dicapai oleh SMP N 1 Binangun baik prestasi akademik maupun non akademik antara lain siswanya menjadi juara 1 lomba menyanyi tingkat Kabupaten, juara renang, juara 1 lari tingkat Kabupaten dan masih banyak lagi prestasi yang dicapai siswa-siswi SMP N 1 Binangun. Sehingga kepemimpinan Bapak Muktyo Yuwono sekarang di SMP N ! Binangun Kabupaten Cilacap dijadikan Sekolah Standar Nasional (SSN). Dengan Keputusan Direktorat Pembinaan Sekolah Menengah Pertama Direktorat JendralMenejemen Pendidikan Dasar Menengah Departemen Pendidikan Nasional Nomor: 2499/03/KP/2010 tentang Penetapan Sekolah Menengah Pertama Sebagai Sekolah Standar Nasional (SSN) Angkatan Tahun 2010 Tahun Anggaran 2010. Dengan kepemimpinan beliau sekolah membangun kantin dan laboratorium IPA Biologi.